BANK SOAL, Soal IPA

SOAL IPA KELAS 5 SEMESTER 1


Soal Persiapan THB 1

Sains 5 smt I

 A. Isilah titik-titik di bawah ini!

Untuk punya guru privat sendiri  klik di sini 

  1. Paru-paru merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai…
  2. Paru-paru kanan terlihat lebih besar dari pada paru-paru kiri karena…
  3. Pertukaran gas pernafasan terjadi pada…
  4. Pada saat terbang pernapasan burung dibantu oleh…
  5. Cacing (vermes) bernapas melalui…
  6. Zat pewarna alami pada nasi kuning menggunakan…
  7. Bahan pengawet berbahaya pada mie dan bakso adalah…
  8. Pencernaan pertama kali terjadi di dalam…
  9. Kuman penyakit yang masuk bersama makanan akan dibinasakan getah lambung, yaitu…
  10. Fungsi usus besar pada pencernaan makanan adalah…
  11. Organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah…
  12. Letak jantung manusia berada di…
  1. Percabangan pembuluh darah yang dindingnya paling tipis adalah…
  2. Penyakit kurang darah dikenal dengan sebutan…
  3. Warna merah darah dipengaruhi oleh…
  4. Darah yang berfungsi mengedarkan sari makanan dari dinding usus halus ke seluruh tubuh adalah…
  5. Bagian darah yang berfungsi membunuh bibit penyakit adalah…
  6. Makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri adalah…
  7. Bagian tumbuhan yang mengangkut sari makanan dari akar ke daun adalah…
  8. Bahan makanan tumbuhan yang berasal dari udara adalah…
  9. Dalam fotosintesis terjadi pertukaran zat pada tumbuhan, yaitu…
  10. Bila zat tepung ditetesi larutan lugol akan berwarna…
  11. Matahari bagi tumbuhan berfungsi sebagai…
  12. Sapi termasuk golongan herbivora karena makanannya…
  13. Hewan yang membantu petani dalam menggemburkan tanah adalah…
  14. Ujung tumbuhan selalu mengarah datangnya…
  15. Bentuk mengurangi penguapan pohon jati menggugurkan daunnya pada saat…
  16. Pinguin hidup di daerah kutub. Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan cara…
  17. Gambar di samping adalah burung yang makanannya…
  1. Ciri hewan yang kakinya memudahkan untuk berenang adalah…
  2. Benalu memanfaatkan makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Benalu disebut…
  3. Daun kemangi dan daun pepermin mempunyai bau khas. Manfaat bagi tumbuhan itu sendiri adalah…
  4. Tumbuhan sebagai penghasil benang adalah…
  5. Alat masak yang mudah menghantarkan panas banyak terbuat dari…
  6. Cuaca dan suhu udara dapat mempengaruhi perubahan pada suatu benda. Perubahan tersebut adalah…
  7. Perubahan benda yang menghasilkan benda jenis baru disebut…
  8. Penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya disebut…
  9. Napentes/kantung semar makannya serangga, disebut…
  10. Penanaman kembali hutan yang gundul disebut…
  11. Zat makanan yang berperan dalam pertumbuhan sel baru adalah…
  12. Zat penyusun tulang dan gigi adalah…
  13. Es batu yang dibiarkan di udara terbuka akan…
  14. Peredaran darah dari jantung ke paru-paru kembali ke jantung disebut…
  15. Serangga bernafas dengan…
  16. Antara rongga dada dan rongga perut pada mamalia dibatasi oleh…
  17. Untuk meghaluskan/menggilas makanan mengggunakan gigi…
  18. Pada lambung dan usus 12 jari terjadi pencernaan…
  19. Pembuluh darah yang berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh disebut…

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini!

  1. Sebutkan 4 gangguan pernafasan masnusia!
  2. Sebutkan manfaat: karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, yodium, vitamin A, dan vitamin C bagi tubuh manusia!
  3. Sebutkan 4 gangguan pada pencernaan manusia!
  4. Sebutkan 4 gangguan pada peredaran darah manusia!
  5. Sebutkan fungsi bagian darah: eritrosit, leukosit, trombosit, dan keping darah!
  6. Sebutkan 4 cara tumbuhan menyimpan cadangan makanannya!
  7. Sebutkan 4 hewan dan cara melindungi diri dari musuhnya!
  8. Sebutkan 4 tumbuhan dan cara adaptasi dengan lingkungannya!
  9. Sebutkan 4 faktor yang mempengaruhi perubahan suatu benda!
  10. Sebutkan dan jelaskan 4 macam perubahan benda!
  1. Selaput yang terdapat pada kaki bebek berfungsi untuk….
  2. Kalajengking, lebah, dan kelabang mempunyai alat perlindungan diri berupa ….
  3. Lingkungan tempat tinggal makhluk tinggal disebut …
  4. Kemampuan kupu-kupu untuk meniru bentuk mata burung hantu disebut ….
  5. Cumi-cumi akan mengeluarkan tinta hitam apabila…
  6. Agar unta dapat mempertahankan hidupnya, unta menyimpan cadangan makanan  di ….
  7. Bentuk mulut serangga ada bermacam-macam yang sesuai dengan ….
  8. Makanan yang sesuai dengan bentuk paruh burung elang adalah…
  9. Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan tempat hidupnya  disebut…
  10. Bunglon akan sulit diamati jika berada di pohon karena…
  1. Apa tujuan makhluk hidup beradapatasi dengan lingkungannya ?
  2. Bagaimana belalang daun beradapatsi dengan lingkungannya ?
  3. Apa perbedaan bentuk paruh burung kakaktua dan burung elang? Apa makanan kedua jenis burung tersebut ?
  4. Sebutkan contoh hewan yang melindungi diri dengan cara autotomi !
  5. Bagaimana cara menyesuaikan diri di daerah kutub yang sangat dingin dan tertutup es ?

Jika para pengunjung blog sekalian menginginkan jawaban untuk soal di atas maka cukup tinggalkan komentar di postingan ini setelah itu klik suka di halaman facebook kami. Makasih :-)

Perbendaharaan soal kami masih banyak, silakan klik di BANK SOAL  untuk melihat dan sekaligus minta kunci jawabannya. Selamat Belajar !

Untuk belajar secara on line bagi putra-putri anda silakan klik link di bawah ini :

Fitur Sekolah On Line

Semoga bisa bermanfaat bagi anda, Terima kasih atas kunjungannya.

Silakan unduh kunci jawaban soal IPA di sini.

Silakan Telusuri Tulisan Terbaru Kami :

About these ads

Tentang wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

226 pemikiran pada “SOAL IPA KELAS 5 SEMESTER 1

  1. wow

    Posted by 190301 | 20 Juli 2012, 14:34
  2. bagus banget soalnya bisa bikin orang oandai ya

    Posted by diva wijaya | 20 Juli 2012, 14:35
  3. SIP

    Posted by aatmiati sukarya | 22 Juli 2012, 09:50
  4. ok

    Posted by ananta | 24 Juli 2012, 20:42
  5. saya mau sekalian jawabannya untuk soal diatas ya

    Posted by Wulan Porooe | 26 Juli 2012, 08:56
  6. saya mau sekalian jawabannya untuk soal diatas ya

    Posted by mahadewi kirana | 29 Juli 2012, 20:04
  7. minta juga jawaban diatas yahhh

    Posted by gifonda | 31 Juli 2012, 19:39
  8. trimksih…
    saya bisa minta jawabanx…
    ..

    Posted by agustinus | 3 Agustus 2012, 09:24
  9. bisa dpet nilai 100 ga yah..?

    Posted by Latiifah | 6 Agustus 2012, 20:12
  10. Kepada para pembaca sekalian saya minta maaf karena telah menunggu lama jawaban soal-soal di atas. Hal tersebut disebabkan karena saya sedang menghadapi Akreditasi sekolah yang Alhamdulillah hari ini telah selesai.
    Kepada para pembaca saya ucapkan terima kasih dan sekali lagi maaf untuk ketidaknyamannya.

    Posted by wildanrahmatullah | 7 Agustus 2012, 21:47
  11. matur suwun pak guru…..semoga pnajang umur….

    Posted by rohani | 8 Agustus 2012, 09:16
  12. jawabannya dimana??

    Posted by ariq | 8 Agustus 2012, 20:47
  13. saya minta jawabannya Kak

    Posted by natanio | 12 Agustus 2012, 16:51
  14. saya mau soal Ipa nya ada jawabannya boleh ? soalnnya mau belajar hehe!!!

    Posted by Fitri | 26 Agustus 2012, 10:36
  15. tolong kunci jawabannya, untuk belajar anak saya. tmks

    Posted by suryadwipa | 26 Agustus 2012, 18:39
  16. pak mita kunci jawabannya buat belejar nih boleh kannnnnnnnnn

    Posted by nicky | 29 Agustus 2012, 19:42
  17. sangat membantu bahan belajar anak kami, kami tunggu email jawabannya

    Posted by guntur winarna | 30 Agustus 2012, 21:14
  18. mau donk pak kunci jawabannya…..trims ya sebelumnya…..

    Posted by nani | 2 September 2012, 12:50
  19. ok, sangat membantu, mau dong kuncinya

    Posted by anang | 2 September 2012, 21:09
  20. BAGUS UNTUK PERBENDARAAN SOAL SOAL, MINTA JAWABAN NYA

    Posted by meiena@yahoo.com | 3 September 2012, 14:17
  21. Minta dong jawabannya..

    Posted by dana | 3 September 2012, 22:46
  22. Inilah contoh Pak Guru paling baik sedunia.:-D
    Teruslah berbagi Pak.
    Salam hormat dari Lombok. :-)

    Posted by Irfan Handi | 4 September 2012, 10:22
  23. minta jawabannya bu ..
    trmksh :)

    Posted by Hendrik van Persie | 4 September 2012, 10:36
  24. banyak banyet soal nya tapi tapi thanks juga

    Posted by faraz | 4 September 2012, 20:06
  25. Kakak minta jawaban soal di atas ya,,,

    Posted by Dian | 5 September 2012, 18:09
  26. pak saya nicky………… mana jawabannya pak buat belajar kirim ke nomor ini ya pak 081332036603

    Posted by nicky | 5 September 2012, 20:18
  27. Pertannyaannya cukup baik tp saya minta jawabannya dong

    Posted by agatha.flora | 10 September 2012, 08:16
  28. sangat menarik bisa untuk latihan anak saya di rmh bisa dikirimkan kunci jawabannya pak

    Posted by ilfatrisia | 10 September 2012, 10:07
  29. matur nuwun…
    minta kunci jawabannya ya pak…

    Posted by rokhmani | 10 September 2012, 11:55
  30. mnt jawabannya dunt..
    thanks… :)

    Posted by nungki | 10 September 2012, 19:32
  31. Trims ya pak… bikin sy tambah pinter.
    minta kunci jawabannya ya

    Posted by heri | 11 September 2012, 08:22
  32. kunci jawabannya dong

    Posted by desti | 11 September 2012, 10:59
  33. Minta jawabannya ya..mksh

    Posted by habib | 13 September 2012, 14:41
  34. Jawaban ny mana ?

    Posted by putri | 13 September 2012, 16:58
  35. aku juga mau jawabanya kak
    saya tung gu ya kak

    Posted by pram | 13 September 2012, 18:35
  36. kapan jawwabannya kak

    Posted by pram | 13 September 2012, 18:38
  37. ayo kutunggu kak yah

    Posted by pram | 13 September 2012, 18:43
  38. mau dong jawabannya. update terus ya…. biar bisa sharing ilmu, trims

    Posted by Erna Lisa | 13 September 2012, 20:31
  39. Pak,minta jawaban dari soal diatas donk?tolong kirimke email saya richakonselor@yahoo.co.id
    secepate ya pak?
    sekalian kalo ada soal dan kunci jawaban soal matematika,IPS dan bahasa indonesia. terima kasih :D

    Posted by caca | 14 September 2012, 11:22
  40. trims ya | |B :)

    Posted by D.A.R.A.F | 15 September 2012, 18:15
  41. soalnya bagus

    Posted by D.A.R.A.F | 15 September 2012, 18:19
  42. Pertanyaan bagus, bisa minta jawabannya

    Posted by Edy Santoso | 16 September 2012, 15:57
  43. Alhamdulillah. Insya Alloh menambah wawasan anak saya dan meningkatkan semangat belajarnya. Mohon kiranya bisa mendapatkan jawabannya. Terima kasih.

    Posted by bambang prihatno | 18 September 2012, 22:39
  44. Tolong dong Pak….jawabannya, untuk test kebenaran, terimakasih

    Posted by Awan | 20 September 2012, 21:45
  45. makasih ya
    soal nya
    mnta jwban nya dong

    Posted by stela cyank s'habat | 23 September 2012, 15:39
  46. MAKASIH PAK SOAL-SOALNYA

    Posted by edy | 27 September 2012, 10:07
  47. Terima kasih, atas soal soalnya. Jika boleh diberi jawaban-jawabannya.

    Posted by Hadi Winata H | 29 September 2012, 11:24
  48. sangat membantu
    mohon berkenan mengirim kunci jawabannya
    trims

    Posted by sekar mira | 2 Oktober 2012, 11:19
  49. Boleh kunci jawabanx dunk..thx sblm n ssdhx yach..

    Posted by Shonya shonia jauhari | 2 Oktober 2012, 22:29
  50. tolong sama jawabannya ya ka

    Posted by kirman | 3 Oktober 2012, 16:33
  51. bagi kami itu sangat membantu sekali buat anak kami dalam proses belajar

    Posted by kirman | 3 Oktober 2012, 16:35
  52. kirimkan kunci jawabannya yaa kaaaa

    Posted by kirman | 3 Oktober 2012, 17:07
  53. kita menjadi tau banyak pelajaran yg ada di buku lks

    Posted by sifatun,nur hania,nabila as,alifia. | 5 Oktober 2012, 11:06
  54. tolong kunci jawabannya….karena dikit lg anak saya mo semester

    Posted by yenny | 6 Oktober 2012, 21:23
  55. Lebih baik lagi ya… Minta jawaban ipa ips mtk kelas 5 dan 6 sem 1

    Posted by arafat | 8 Oktober 2012, 00:38
  56. Good

    Posted by izzati | 8 Oktober 2012, 08:42
  57. pak tolong minta jawaban soal iapa itu soalnya sekarang uts pelajaran ipa :D

    Posted by Hermawan | 12 Oktober 2012, 05:14
  58. semoga uts ipa hari ini dapet nilai100 amin (^^^)

    Posted by daphan | 12 Oktober 2012, 05:19
  59. terima kasih

    Posted by yeni | 13 Oktober 2012, 19:40
  60. saya mintak kunci jawaban nya semua dong

    Posted by Nurmaliza Arvianti | 15 Oktober 2012, 20:32
  61. Terima kasih atas soal2nya semoga menjadi ilmu yang bermanfaat

    Posted by MA. ANNUR KALIBARU BANYUWANGI | 16 Oktober 2012, 11:14
  62. Bole juga mau jawabannya dong

    Posted by arafat | 16 Oktober 2012, 11:43
  63. Bagus

    Posted by arafat | 16 Oktober 2012, 11:46
  64. kalo bs jawabanya om…

    Posted by eko siswantora | 16 Oktober 2012, 20:12
  65. Alhamdulillah. Terima kasih Pak Guru, saya orang tua murid kelas 5. Saya terharu, bangga, dan bahagia, mendapatkan artikel soal-soal ini. Semoga Pak Guru selalu mendapatkan Rahmat dan Karunia Allah SWT, dan anak Indonesia menjadi anak yang cerdas dan bertaqwa kepada Allah SWT. Mohon dapat diberikan jawaban/pembahasannya. Terima kasih.

    Posted by bambang prihatno | 21 Oktober 2012, 18:55
  66. soal-soalnya sangat bermanfaat buat anak saya….apa bs minta kunci jawabanya?saya tunggu ya!!!thanks

    Posted by shanty | 22 Oktober 2012, 12:32
  67. jos

    Posted by yanarko | 22 Oktober 2012, 20:03
  68. thank so much pak, kalo bisa disisipkan jawabannya…….thank’s

    Posted by sandhi | 23 Oktober 2012, 19:23
  69. saya ingin jawaban dan bank soal ipa yang lain trimakasih pak

    Posted by eva | 24 Oktober 2012, 14:55
  70. minta kunci jawabannya yah, emailku vincent_arta@hotmail.com thx

    Posted by vincent arta | 24 Oktober 2012, 22:52
  71. saya ingin jawaban dan bank soal ipa yang lain terima kasih pak

    Posted by rezah | 30 Oktober 2012, 14:07
  72. suka banget

    Posted by lgt | 2 November 2012, 14:27
  73. wow keren ….i like this

    Posted by sofia | 3 November 2012, 20:44
  74. Pak, jawabannya dong.
    Please :D

    Posted by Yesi Yuniarti | 5 November 2012, 19:28
  75. jawaban soal ipa kls 5

    Posted by m.aini | 5 November 2012, 20:09
  76. skalian jawabannya mas,,,

    Posted by yamin muhammad | 6 November 2012, 22:16
  77. saya sangat terbantu dengan adanya soal ini tapi tolong dong jawabannya? trimakasih

    Posted by eva | 8 November 2012, 21:03
  78. baguss. ,………………………… , trims ya…………. ada kunci jawabannya gak ?

    ,

    Posted by flowerstar | 10 November 2012, 10:57
  79. papapapapapapapapap ada soal mat gk

    Posted by sifa | 11 November 2012, 06:49
  80. bacus bacus bacus

    Posted by sifa | 11 November 2012, 06:51
  81. bagus sekali soal2 nya salah nya gx ad knci jwaban

    Posted by willy | 16 November 2012, 11:36
  82. :) :(

    Posted by willy | 16 November 2012, 11:37
  83. sip ..sangat membantu..

    Posted by harry | 16 November 2012, 12:29
  84. mohon jawaban dari soal2 uts ipa kls v

    Posted by erwin sofia | 20 November 2012, 19:32
  85. waw…. lumayan bagus

    Posted by talitha | 21 November 2012, 18:58
  86. soalnya udah bagus. tp kalo bisa dikasih soal pilihan ganda. jawabannya juga ya

    Posted by nada | 25 November 2012, 20:20
  87. “”W☺W”” I like it …tpi jawabannya klo bisa di kasih,,,

    Posted by Cheline | 27 November 2012, 13:37
  88. pak minta jawabannya dong..thx

    Posted by Ida Ayu Putu Puspaningsih | 27 November 2012, 14:36
  89. bagus, sangat membantu siswa untuk lbh memahami pelajaran

    Posted by wiwik | 27 November 2012, 15:14
  90. Minta kunci jawabannya dong

    Posted by arafat | 28 November 2012, 06:36
  91. pertayaanya memang pas dan bagus ……

    Posted by fatimah al-ada wiyah | 29 November 2012, 18:28
  92. terima kasih.

    Posted by febriana | 3 Desember 2012, 16:28
  93. MAKASIH,SMOGA MENJADI AMAL KEBAIKAN

    Posted by SYAFEI | 4 Desember 2012, 17:12
  94. saya sangat suka dengan soal yg anda buat kl bisa skalian ama jawabannya biar anak saya bisa belajar dgn serius trima kasih

    Posted by umirisa | 5 Desember 2012, 22:14
  95. terima kasih untuk soal2nya… semoga banyak bermanfaat.

    Posted by widi | 6 Desember 2012, 06:42
  96. Terima kasih soalnya………jawawabanya ditunggu ya

    Posted by Andang Munandar | 7 Desember 2012, 20:37
  97. thanks buanggeeetttt….

    Posted by rasta | 9 Desember 2012, 16:20
  98. THANKS YA …

    Posted by Rizky Amalia Putri | 10 Desember 2012, 13:50
  99. semoga ilmunya bermanfaat

    Posted by lia wulandari | 11 Desember 2012, 14:21
  100. makasih ya sudah di buatkan soal

    Posted by rudynugroho | 11 Desember 2012, 19:18
  101. gak ada kunci jawaban ya ?????????????????

    Posted by Muhammad rifqy rinaldi | 12 Desember 2012, 14:16
  102. it is good ! aku suka ini

    Posted by amel | 12 Desember 2012, 17:54
  103. Apakah 7 soalan yg terdapat pada uji kompetensi bab 4.E uji kompetensi buku cetak sains untuk sd kelas 5

    Posted by Rizmasuryanie | 10 Januari 2013, 20:58
  104. its good (y)

    Posted by Ines | 13 Januari 2013, 13:19
  105. tlong beri knci jwbn nya dong

    Posted by putri febrianti | 13 Januari 2013, 18:26
  106. wow banyak banget soal nya

    Posted by andieni delia nadila | 24 Januari 2013, 08:41
  107. susah banget soalnya
    mana kunci jawabannya

    Posted by agnes | 27 Januari 2013, 19:35
  108. Pak, minta kunci jawabannya yach karena soal-soal ini sesuai dengan program pengajaran IPA kelas 5 sd smstr 1

    Posted by DODI SULAEMAN | 30 Januari 2013, 20:33
  109. siiiiiiip lah

    Posted by thea zha | 5 Februari 2013, 14:12
  110. mantap

    Posted by iwanbentohermawan@yahoo.com | 11 Maret 2013, 20:47
  111. sip soalnya.jawabannya dong ,tak tunggu secepatnya

    Posted by Fajar Hendratno | 17 Maret 2013, 08:47
  112. apakah anak SD di pedesaan bisa memahami soal-soal itu?

    Posted by dewi maslikhatun | 24 Maret 2013, 18:35
  113. Seneng bisa belajar lewat online

    Posted by amanda | 8 Juli 2013, 11:01
  114. soalnya memang gampang banget

    Posted by mu ammar | 9 Juli 2013, 10:22
  115. SANGAT MENOLONG SEKALI

    Posted by osnimar | 10 Juli 2013, 10:18
  116. pinter banget ya…

    Posted by ine anggreani | 17 Juli 2013, 21:04
  117. cukup bagus. sebaiknya dilengkapi dengan kunci jawaban.

    Posted by suhaeli | 10 September 2013, 19:02
  118. ok

    Posted by Abun | 27 November 2013, 20:02
  119. thx ya…….

    Posted by Ida Tenan | 1 Desember 2013, 22:29
  120. oke juga

    Posted by Lina Apriyanti | 2 Desember 2013, 21:42
  121. Terima kasih banyak… sangat membantu. Mohon kunci jawabannya…

    Posted by Hedmy Ika Argakhanti | 9 Desember 2013, 17:20
  122. thank’s gan, sangat membantu putri kami, tapi mohon bantuannya untuk kunci jawabannya.

    Posted by parno | 11 Desember 2013, 22:12

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.205 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: