FREEDOM DIARY, KARYA TULIS

Proposal PTK


PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. JUDUL PENELITIAN : PENGARUH MEDIA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BUMISARI

B. BIDANG KAJIAN

C. PENDAHULUAN
Dalam kurikulum Sekolah Dasar (SD) 2006, terdapat program pengajaran mata pelajaran matematika yang pelaksanaannya dimulai dari kelas I sampai kelas VI SD. Pelaksanaan pembelajaran ini harus diciptakan kondisi yang kreatif, aktif, menarik, supaya siswa menjadi maksimal dan tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Sebenarnya matematika diberikan kepada siswa supaya dia menjadi sktif dan kritis dan dapat memahami matematika secara konkret.
Berdasarkan fakta yang ditemukan siswa yang kurang minat terhadap pembelajaran matematika, dikarenakan guru dalam menyampikan bahan pembelajaran krang jelas dan menarik. Bahkan bahan pelajaran matematika yang dinilai mempunyhai tingkat kesukaran tinggi tentu sukar diproses oleh anak didik, sehingga anak didik kurang menyukai bahan pelajaran matematika yang disampikan. Dengan kehadiran media, mempunyai arti yang cukup penting karena kegiatan tersebut ada ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat di Bantu dengan menghadirkan media perantara.
Tidak dapat dipungkiri bila terdapat anak didik yang merasa bosan dan lelah disebabkan penjelasan guru sukar dipahami dan dicerna dalam menjelaskan pembelajaran matematika. Jika guru menyadari bahwa masalah diatas berpangkal dari penjelasannya yang simpang siur, maka seharusnya ia mencarijalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut. Walau tidak memiliki kemampuan menjelaskan suatu bahan dengan baik, guru dapat menghadirkan media sebagai alat bantu pengajaran, guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelum pelaksanaan pengajaran. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Bahkan keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan kehadiran media. Sehingga anak didik menjadi paham terhadap pelajaran matematika dan tujuan pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tercapai.

D. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
a. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat diketahui dapat diketahui bahwa dengan media dapat mempermudah siswa dalam memahami suatu dahan pengajaran matematika. Maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang terjadi diantaranya:
1. Apa saja yang menyebabkan siswa kurang berminat terhadap pembelajaran matematika.
2. Bagaimana cara guru untuk menghadapi permasalahan tersebut.
3. Bagaimana peran media dalam pembelajaran matematika disekolah.

b. Pemecahan Masalah
Secara umum permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana peran penggunaan media pada pembelajaran matematika dikelas I Sekolah Dasar.
1. Apa sajakah hambatan siswa dalam memahami pembelajaran matematika dikelas I SD N 1 Bumisari ?
2. Sejauh manakah fungsi media dalam pembelajaran matematika bagi siswa kelas I SD N 1 Bumisari ?
3. Sejauh manakah peran media dalam pembelajaran matematika dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas I SD N 1 Bumisari ?

E. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk :
1. Mendiskripsikan hambatan siswa dalam memahami pembelajaran matematika dikelas I SD N 1 Bumisari
2. Mendiskripsikan fungsi media dalam pembelajaran matematika bagi siswa kelas I SD N 1 Bumisarai.
3. Mendiskripsikan peran media dalam pembelajaran matematika dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas I SD N 1 Bumisari.
F. MANFAAT PENELITIAN

Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi beberapa pihak. Bagi tempat penelitian di SD yaitu supaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, bagi mahasiswa sebagai pengetahuan keterampilan matematika khususnya dalam menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan fungsional untuk siswa SD. Bagi lembaga UT dapat menjalin hubungan yng harmonis dengan lembaga pendidikan dan meningkatakan pengetahuan dan keterampilan anak didik untuk menunjang kualitas perguruan tinggi, bagi lembaga dinas dapat dijadikan masukan dalam rangka penentuan kebijakan dan pembinaan pembelajaran matematika di SD.

G. KAJIAN PUSTAKA
Media dapat membantu guru mengajar, supaya apa yang disampaikan guru dapat dipahami siswa. Dalam pembelajaran ;. terutama dikelas I peran media sangat penting, dikelas I ini merupakan awal mereka mempelajari bidang studi matematika, untuk itu diperlukan contoh-contoh konkret dalam kegiatan pembelajarannya.
Berikut adalah beberapa teori para ahli mengenai media dan pengaruhnya terhadap pembelajaran matematika :
1. Menurut Mc. Luhun seorang ahli komunikasi berpendapat bahwa : Media adalah semua saluran pesan yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi.
2. Menurut Romiszowski (1988) professor dalam bidang teknologi pendidikan dari Syracuce, bahwa media adalah pembawa pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (yang dapat berupa benda atau orang) kepada penerima pesan.
3. Menurut William Brownel dengan meaning theorynya berpendapat bahwa pemahaman tentang pembelajaran matematika sangat dipengaruhi oleh media, dengan mendukung penggunaan benda-benda konket untuk dimanipulasikan anak-anak dapat memahami makna dari konsep dan keterampilan yang mereka pelajari.
4. Menurut Zatan P. Dlenes meyakini bahwa dengan menggunakan berbagai sajian (representasi) tentang suatu konsep matematika, anak-anak akan dapat memahami secara penuh konsep tertentu jika dibandingkan dengan hanya menggunakan satu macam sajian saja.
Jadi penggunaan media memiliki pengaruh terhadap pembelajaran. Dengan media dapat mempebesar perhatian siswa, pembelajaran matematika yang telah berlangsung tidak mudah dilupakan dapat memberikan pengalaman yang nyat yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa dan dapat membantu tumbuhnya pengertian dan pemahaman.

H. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
1. Tahap Perencanaan
Kegiatan penelitian ini subjeknya adalah peneliti yang juga sebagai mahasiswa yang sedang melakukan tugas tutorial PTK. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 hari yang akan dimulai pada tanggal 19-20 Mei 2009 diruang kelas I SD N 1 Bumisari pada saat KBM mata pelajaran Matematika yang dimulai pada pukul 07.15-08.15 dalam penelitian ini mendapat dukungan dari orang tua, kepala sekolah, beserta guru kelas I SD N 1 Bumisari.
a. Tahap Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan dengan permintaan ijin pada kepala sekolah SD N I Bumisari yang dilakukan sebelum penelitian berlangsung. Penelitian ini mengambil obyek siswa kelas I SD N 1 Bumisari (20 orang) dan subyeknya adalah peneliti yang berbentuk tim.
b. Tahap Observasi
Kegiatan observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran awal tentang SD N 1 Bumisari secara keseluruhan dan keadaan kegiatan belajar mengajar Matematika khususnya dikelas I.
c. Tahap refleksi
Dalam penelitian dilaksanakan oleh tim yang berjumlah 3 orang. Dengan melakukan penelitian pengaruh media pada alat pembelajaran matematika pada kelas I SD N 1 Bumisari. Penelitian ini mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama dari orangtua tim sendiri, kepala sekolah SD N I Bumisari beserta guru kelas I.

I. JADWAL PENELITIAN

J. BIAYA PENELITIAN
Dana dalam penelitian ini dibutuhkan Rp 80.000,00 yang diperoleh dari iuran, adapun alokasi dna digunakan sebagai berikut :
d. Perlengkapan/ peralatan : Rp 20.000,00
e. Biaya perjalanan : Rp 10.000,00
f. Instrumen : Rp 10.000,00
g. Laporan : Rp 30.000,00
h. Lain-lain : Rp 10.000,00
Jumlah : Rp 80.000,00

Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara yang akan dilaksanakan antara peneliti dengan guru dan peneliti dengan siswa, juga menggunakan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

K. PERSONALIA PENELITIAN
Ketua : Nurokhmatun Budi Utami
Sekretaris : Nurokhmatun Budi Utami
Bendahara : Nurokhmatun Budi Utami

L. DAFTAR PUSTAKA
Wibawa, Basuki & Mukti, Farida, (1991/1992). Model Pengajaran. Jakarta : Dirjen Dikti-Depdikbud.

Karim, A., Muchtar dkk, (1996/1997). Pendidikan Matematika I. Jakarta : Dirjen Dikti – Depdikbud.

Sinolewah,E. Kasbolah, Kasihani. (1998/1997). Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Jakarta : Dirjen Dikti – Depdikbud.

 

 

 

About these ads

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: CONTOH PROPOSAL KEGIATAN « Education for Sustainable Development - 20 September 2012

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.240 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: