BANK SOAL, Soal IPS

Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 1


ULANGAN UMUM TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas : V (Lima)
Hari / Tanggal :
Waktu : 90 menit

I. Berilah Tanda Silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!

1. Tulisan-tulisan yang terdapat pada Yupa menggunakan huruf …
a. Pallawa c. Jawa
b. Arab d. Sansekerta

2. Arca pada umumnya berupa patung perwujudan raja yang digambarkan sebagai …
a. Dewa c. pahlawan
b. Malaikat d. Tuhan

3. Pemeluk agama Hindu yang memuja Siwa disebut …
a. Gautama c. Brahmana
b. Waisnawa d. Siwaisme

4. Gambar arca di samping merupakan dewa ilmu pengetahuan dan penolak bahaya yaitu …
a. Siwa c. Ganesha
b. Wisnu d. Brahma

5. Pusat kerajaan Tarumanegara pada peta di samping ini ditunjukkan dengan angka …
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4

 

6. Kerajaan Hindu yang pertama di Indonesia adalah …
a. Kutai c. Tarumanegara
b. Mataram d. Singosari

7. Prasasti yang nampak pada gambar di samping adalah peninggalan kerajaan ….
a. Kutai c. Mataram
b. Kediri d. Tarumanegara
8. Daerah perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia terdapat di Pulau ….
a. Jawa c. Kalimantan
b. Sumatra d. Sulawesi

9. Kota yang memiliki beda waktu lebih awal 7 jam dan waktu Greenwich adalah …
a. Samarinda c. Makasar
b. Pontianak d. Ambon

10. Gambar di samping menunjukkan pakaian tradisional dari …
a. Jawa Tengah c. Yogyakarta
b. Jawa Timur d. Jawa Barat

 

 

11. Alat musik seperti yang tampak pada gambar di samping berasal dari …
a. Bali c. Maluku
b. NTB d. NTT
12. Kursi, meja dan lemari merupakan hasil kegiatan usaha di bidang ….
a. agraris c. perdagangan
b. industri d. jasa

13. Berikut ini yang tidak termasuk perusahaan BUMN adalah …
a. PT. Kereta Api c. PT. Tambang Timah
b. Perum Pegadaian d. PT. Semen Gresik

14. Berikut ini yang bukan merupakan pekerjaan bidang jasa adalah …
a. petani c. dokter
b. sopir d. salon

15. Koperasi berbeda dengan badan usaha lainnya karena ….
a. Modalnya berasal dari investor c. organisasinya berciri menejemen modern
b. Keuntungan dibagi kepada anggota d. kekuasaan tertinggi pada pengurus

16. Salah satu cara menghargai produksi dalam negeri adalah …
a. Mencegah penjualan ke luar negeri c. melestarikan bahan baku dalam negeri
b. Ikut barang hasil produksi d. menggunakan barang produksi dalam negeri

17. Daerah yang ditunjuk tanda panah merupakan letak kerajaan …
a. Tarumanegara c. Kutai
b. Mataram d. Singosari

18. Perusahaan yang memperoleh modal dari penjualan saham berbentuk …
a. firma (Fa) c. Persekutuan Komanditer (CV)
b. koperasi d. Perusahaan Terbatas (PT)

19. Kenampakan alam yang biasanya dimanfaatkan untuk pertanian dan pemukiman adalah …
a. dataran tinggi c. pegunungan
b. dataran rendah d. pantai

20. Pulau yang terdapat di tengah Danau Toba adalah …
a. Pulau Rote c. Pulau Ende
b. Pulau Samosir d. Pulau Bangko

21. Padang rumput yang luas dengan tumbuhan semak belukar disebut …
a. stepa c. kaldera
b. tundra d. sabana

22. Jenis tanaman yang cocok ditanam pada ketinggian 700 – 1.500 meter adalah …
a. padi c. mahoni
b. cemara d. kopi

23. Berikut ini yang termasuk fauna tipe peralihan adalah …
a. komodo c. kasuari
b. harimau d. badak

24. Danau buatan disebut juga dengan …
a. waduk c. tambak
b. kolam d. rawa

25. Apabila di daerah Bali menunjukkan pukul 10.00 maka di daerah Papua pukul …
a. 08.00 c. 10.00
b. 09.00 d. 11.00
26. Bandara Juanda terdapat di kota …
a. Semarang c. Denpasar
b. Surabaya d. Medan

27. Model tiruan bumi disebut …
a. globe c. peta
b. atlas d. denah

28. Daratan yang menjorok ke laut disebut …
a. pantai c. tanjung
b. teluk d. lembah

29. Prasasti kedukan Bukit ditemukan di …
a. Bangka c. Jambi
b. Palembang d. Lampung

30. Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa ialah …
a. Demak c. Banten
b. Cirebon d. Pajajaran

31. Tiga kota yang termasuk ke dalam waktu Indonesia Bagian Tengah adalah ….
a. Denpasar, Mataram, Kupang c. Surabaya, Mataram, Kupang
b. Denpasar, Surabaya, Mataram d. Mataram, Kupang, Semarang

32. Raja Mataram yang berani menyerang Belanda di Batavia ialah …
a. Sultan Ageng Tirtayasa c. Sultan Agung Hanyokrokusumo
b. Sultan Hasanudin d. Sultan Agung Tirtayasa

33. Gambar di samping adalah kesenian dari daerah …
a. Jakarta c. Surabaya
b. Yogyakarta d. Semarang

34. Suku Makasar, Suku Sangir Talaud, Suku Minahasa, dan Suku Butow mendiami Pulau …
a. Kalimantan c. Sulawesi
b. Sumatera d. Halmahera

35. Berikut ini adalah kegiatan ekonomi, kecuali …
a. produksi c. praktisi
b. konsumsi d. distribusi

II. Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar !
36. Alat musik seperti pada gambar disamping berasal dari …

 

 

37. Taman laut terkenal di Sulawesi Utara ialah …

38. Kerajaan Hindu pertama di Jawa Tengah adalah …

39. Tempat pelaksanaan upacara kebesaran di keraton Yogyakarta ialah …

40. Dataran tinggi Dieng terdapat di Provinsi …

41. Harimau termasuk fauna tipe …

42. Dokter bekerja di bidang …

43. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut …

44. Honai merupakan rumah adat daerah …

45. Gunung tertinggi di Indonesia adalah …
III. Jawablah pertanyaan di bawah dengan jelas !

46. Jelaskan arti “Bhinneka Tunggal Ika” !

47. Sebutkan lima nama senjata tradisional Indonesia !

48. Jelaskan tiga usaha di bidang agraris !

49. Mengapa manusia harus bekerja keras ? Jelaskan !

50. Siapa saja yang termasuk Walisongo itu ?

 

About these ads

Tentang wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

29 pemikiran pada “Soal UTS IPS Kelas 5 Semester 1

  1. sangat membantu kami dalam mendampinginbelajar anak

    Posted by joko wintolo | 27 September 2012, 22:24
  2. pa wildan….untuk soal online mohon ditambah dong..jgn hanya 10 soal, makasih…..

    Posted by dewi | 5 November 2012, 20:08
  3. Sangat menolong…
    tinggal di copas..

    Posted by simbolon | 6 November 2012, 20:38
  4. No 31 itu jawabannya apa ?

    Posted by nana | 21 November 2012, 19:57
  5. soal nya mudah2 sulit

    Posted by ratu princes permai | 30 November 2012, 11:41
  6. senangggggggggggg
    rasa nya bisa membantu anda semua ya
    makin sesuatu banget

    Posted by ratu princes permai | 30 November 2012, 11:43
  7. ANAK SAYA JADI BISA DAPAT NILAI BAGUS SAAT ULANGAN UMUM SEMESTER 1 DEH

    Posted by SUROYO | 30 November 2012, 12:04
  8. wow hebat soalnya tpi susah

    Posted by aqiel | 4 Desember 2012, 12:53
  9. kok ga ada kunci jawabannya sih…

    Posted by satria anugrah pamungkas | 4 Desember 2012, 15:43
  10. gambarnya mana

    Posted by auzan keren | 12 Desember 2012, 11:15
  11. ga bisa jawab nih

    Posted by auzan keren | 12 Desember 2012, 11:18
  12. dah ku copy di microsoft ku nich bagus untuk belajar & ulangan dipelajari

    Posted by auzan keren | 12 Desember 2012, 11:45
  13. duh pusing aku dengan soal uts inin

    Posted by riski | 13 Desember 2012, 09:56
  14. terima kasih lo untuk ex soalnya

    Posted by mukhti | 14 Desember 2012, 06:05
  15. halow. p. Guru. kalau bisa buat soal yg lengkap: ada PG,Isian Singkat ,Uraian dan kunci jawaban.

    Posted by Arcana bali | 14 September 2013, 06:33
  16. pa wildan no 17 apa gambarnya

    Posted by giri | 12 November 2013, 14:27
  17. pa wildan adasoal uts semester 2 ga

    Posted by mulyawan | 12 November 2013, 14:31
  18. kok ngk ada gambarnya

    Posted by mulyawan | 12 November 2013, 14:34
  19. pa wildan berasal dari mana ?

    Posted by mulyawan | 12 November 2013, 14:45

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Kumpulan Soal UTS Kelas 5 Semester 1 | Gerai Pendidikan Dasar - 14 Oktober 2013

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.205 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: